pria sedang melihat laptop

Inilah Pentingnya Mengelola Uang Pensiun untuk Persiapan Pensiun

Setiap orang pasti akan mencapai usia pensiun. Pensiun merupakan waktu saat kita sudah tidak lagi produktif dan bekerja. Idealnya, masa produktif seseorang berada pada rentang usia 15 hingga 64 tahun. Selama masa produktif ini, Anda perlu memaksimalkan waktu untuk memenuhi kebutuhan harian. Namun, satu hal yang perlu Anda pahami bahwa akan lebih baik jika pada masa produktif Anda melakukan berbagai upaya guna persiapan pensiun.

Mempersiapkan dana pensiun akan membantu Anda untuk mencukupi kebutuhan harian ketika Anda sudah tidak bekerja lagi. Dana pensiun ini bisa didapatkan dari banyak hal, salah satunya adalah pesangon dari perusahaan. Lalu, apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum memasuki masa pensiun? Simak pembahasannya di sini!

Apa itu uang atau dana pensiun?

Uang pensiun merupakan aset atau dana yang bisa Anda gunakan ketika Anda sudah tidak lagi bekerja. Dana ini bisa Anda pakai untuk memenuhi kebutuhan harian saat pensiun. Agar Anda bisa memiliki uang pensiun yang cukup, sebaiknya kumpulkan uang sebanyak-banyaknya sesuai rencana pensiun saat masih dalam usia produktif.

Dana pensiun bisa didapatkan dengan berbagai cara, salah satunya adalah pesangon dari perusahaan tempat Anda bekerja. Ketika Anda bekerja, pastikan bahwa perusahaan juga memberikan pesangon untuk hari tua nanti. Jadi, setelah Anda mencapai usia produktif maksimal, perusahaan akan memberikan sejumlah dana yang sudah ditentukan sejak awal.

Selain dari perusahaan, Anda juga bisa melakukan investasi, seperti menanam modal saham, reksa dana, maupun obligasi. Investasi ini akan sangat berguna untuk menambah dana pensiun Anda.

Mengapa perlu menyiapkan uang atau dana pensiun?

Seperti yang sempat disinggung, dana pensiun akan sangat berguna untuk memenuhi kebutuhan Anda di hari tua. Pasalnya, ketika Anda memasuki usia lanjut, tubuh menjadi rentan terhadap penyakit. Padahal, biaya berobat semakin mahal dan nilai inflasi semakin meningkat tiap tahunnya. Artinya, harga barang di hari ini pasti akan lebih mahal di masa depan.

Selain itu, yang juga menjadi alasan mengapa persiapan pensiun diperlukan adalah banyak lansia yang terlantar pada masa tuanya. Banyak anak yang tak mampu mengurus orang tuanya karena sibuk bekerja atau berada di daerah yang berbeda. Untuk itu, Anda perlu menyimpan sejumlah uang untuk memenuhi kebutuhan Anda.

Apa yang dibutuhkan untuk persiapan pensiun?

Untuk menyiapkan dana pensiun yang cukup memenuhi kebutuhan, ada beberapa yang harus Anda pahami. Berikut ini dua hal untuk persiapan pensiun Anda!

1. Kebutuhan masa pensiun

Persiapan pensiun yang pertama adalah menentukan kebutuhan masa pensiun. Artinya, Anda harus melakukan perhitungan dan mencari tahu apa saja kebutuhan Anda. Misalnya, membeli bahan pangan, kebutuhan transportasi, listrik dan air, biaya berobat, dana darurat dan yang lainnya menyesuaikan kebutuhan Anda.

Jangan lupa untuk menghitungnya berdasarkan prediksi inflasi yang terjadi di masa depan. Karena seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, harga barang dan jasa akan mengalami kenaikan di masa depan karena adanya inflasi.

2. Waktu pensiun

Persiapan pensiun yang berikutnya adalah menentukan waktu pensiun. Saat ini banyak orang yang berpikir untuk melakukan pensiun dini. Dengan begitu, jika Anda juga salah satu dari orang yang berpikiran demikian, persiapkanlah dana sebanyak-banyaknya.

Misalnya, saat ini Anda berumur 30 tahun dan ingin pensiun dini pada umur 50 tahun. Untuk itu, Anda masih punya waktu sekitar 20 tahun untuk mengumpulkan uang. Dengan begitu Anda bisa merencanakan seberapa banyak dana yang ingin Anda simpan setiap tahunnya selama 20 tahun sebelum pensiun.

 

Persiapan pensiun haruslah dilakukan dengan baik dan menyeluruh. Jangan sampai kebutuhan Anda tidak tercukupi pada masa tua nanti. Anda bisa melengkapi kebutuhan proteksi masa tua Anda pada perusahaan asuransi terpercaya seperti Prudential. Seiring dengan aspirasi Prudential Indonesia yaitu “Delightung Customer”, Prudential akan senantiasa membantu dan melayani masyarakat untuk mendapatkan perlindungan kesehatan di hari tua.

Sebagai perusahaan asuransi yang berkomitmen pada keberagaman keluarga, Prudential meluncurkan Made For Every Family Campaign yang bertujuan untuk dapat melindungi masyarkat Indonesia lebih luas lagi. Jadilah bagian dari kampanye ini dengan membuat Famvatar (Family Avatar) Anda sendiri! Informasi lebih lanjut bisa Anda baca di sini!