Seorang sedang bahagia

3 Hal yang Harus Dipahami Saat Beli Asuransi Jiwa Unit Link

Menggabungkan fungsi proteksi dan potensi investasi, asuransi jiwa unit link pun menjadi incaran banyak orang. Di satu sisi, Anda sebagai Tertanggung tetap mendapatkan perlindungan atas risiko personal. Lalu, di sisi lain, asuransi jiwa unit link juga berfungsi sebagai produk investasi yang akan memiliki potensi untuk menambah aset Anda meskipun tetap diikuti dengan risiko pasar.

Tidak mengherankan jika berdasarkan data Laporan Kinerja Q3 Industri Asuransi Jiwa AAJI, kontribusi premi asuransi jiwa unit link terhadap total premi tercatat mencapai 62,5% atau sebesar Rp93,31 triliun. Hal ini menunjukkan bahwa produk asuransi jiwa unit link  menjadi pilihan yang cukup favorit di tengah masyarakat.

Meskipun begitu, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum Anda memilih asuransi jenis ini. Apa saja? Simak penjelasannya berikut ini!

Manfaat ganda dari asuransi jiwa unit link

Asuransi jiwa unit link memberikan manfaat ganda bagi Anda dan keluarga. Salah satu manfaat utamanya adalah melindungi diri Anda dari berbagai bentuk risiko yang bisa saja dihadapi di masa depan. Contohnya, kepala keluarga meninggal dunia atau mengalami risiko lain yang menyebabkan kehilangan mata pencaharian. Di sinilah manfaat proteksi dari asuransi jiwa unit link akan bekerja, yakni dengan membayar manfaat berupa uang pertanggungan bila terjadi risiko tertentu sesuai yang tercantum dalam polis.

Uang pertanggungan tersebut tentunya didapatkan dari pembayaran premi/kontribusi Anda selama ini. Nah, pada asuransi jiwa unit link, premi/kontribusi yang dibayarkan, sebagian juga masuk ke instrumen investasi pilihan Anda. Pembayaran premi/kontribusi tersebut nantinya akan menghasilkan nilai tunai yang merupakan hasil dari investasi pada asuransi jiwa unit link. Itulah alasan mengapa asuransi jiwa unit link memiliki fungsi lain yaitu sebagai potensi investasi.

Asuransi jiwa unit link juga punya risiko

Mengingat bahwa asuransi jiwa unit link juga menawarkan manfaat investasi, maka ada risiko yang perlu Anda ketahui. Artinya, ada kemungkinan bahwa potensi hasil investasi dalam asuransi jiwa unit link Anda dapat mengalami kenaikan ataupun kerugian karena bersifat fluktuatif mengikuti pasar. Perlu dipahami bahwa hasil investasi bisa jadi tidak sesuai dengan ilustrasi asuransi jiwa di awal dan bukan untuk dijadikan tolok ukur hasil investasi di masa depan.    

Cara kerja asuransi jiwa unit link

Hal lain yang perlu diperhatikan sebelum memilih asuransi jiwa unit link adalah cara kerjanya. Sederhananya, premi/kontribusi awal yang dibayarkan oleh Pemegang Polis akan dibagi ke beberapa bagian. Tidak hanya untuk biaya investasi, tapi juga biaya administrasi, biaya akuisisi, dan biaya lainnya. Sebagian premi/kontribusi juga dialokasikan ke instrumen investasi yang nantinya dapat menghasilkan potensi hasil investasi.

Nah, mengingat premi/kontribusi dialokasikan ke beberapa pos biaya, sebaiknya Anda tidak mengharapkan keuntungan besar pada tahun-tahun pertama. Tujuan asuransi jiwa unit link adalah untuk mewujudkan tujuan finansial jangka panjang dan bukan untuk mencari keuntungan semata.

Jadi pastikan memilih produk asuransi jiwa unit link yang sesuai kebutuhan dan kemampuan, ya!

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang asuransi jiwa unit link langsung saja berdiskusi dengan tenaga pemasar Prudential Indonesia atau kunjungi website resmi Prudential dan follow Instagram @id_prudential sekarang juga!