Seorang sedang bahagia

3 Hal yang Harus Dipahami Saat Beli Produk Asuransi Jiwa Yang Dikaitkan Investasi

Menggabungkan fungsi proteksi jiwa dan potensi investasi, Produk Asuransi Jiwa Yang Dikaitkan Investasi pun menjadi incaran banyak orang. Di satu sisi, Anda sebagai Tertanggung tetap mendapatkan perlindungan atas risiko personal. Lalu, di sisi lain, PAYDI juga berfungsi sebagai produk investasi yang akan memiliki potensi untuk menambah aset Anda meskipun tetap diikuti dengan risiko pasar.

Tidak mengherankan jika berdasarkan data selama tahun 2022, industri asuransi jiwa membukukan total aset mencapai Rp. 611,22 triliun. Hasil tersebut meningkat sebesar 1,5% jika dibandingkan dengan total aset pada Desember 2021. 87,9% total aset merupakan total investasi yang sampai periode tersebut mencatatkan nilai sebesar Rp. 537,45. Hal ini menunjukkan bahwa produk asuransi jiwa unit link  menjadi pilihan yang cukup favorit di tengah masyarakat.

Meskipun begitu, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum Anda memilih asuransi jenis ini. Apa saja? Simak penjelasannya berikut ini!

Manfaat ganda dari PAYDI

PAYDI memberikan manfaat ganda bagi Anda dan keluarga. Salah satu manfaat utamanya adalah melindungi diri Anda dari berbagai bentuk risiko yang bisa saja dihadapi di masa depan. Contohnya, kepala keluarga meninggal dunia atau mengalami risiko lain yang menyebabkan kehilangan mata pencaharian. Di sinilah manfaat proteksi dari PAYDI akan bekerja, yakni dengan membayar manfaat berupa uang pertanggungan bila terjadi risiko tertentu sesuai yang tercantum dalam polis.

Uang pertanggungan tersebut tentunya didapatkan dari pembayaran premi Anda selama ini. Nah, pada PAYDI, premi yang dibayarkan, sebagian juga masuk ke instrumen investasi pilihan Anda. Pembayaran premi tersebut nantinya akan menghasilkan nilai tunai yang merupakan hasil dari investasi pada PAYDI. Itulah alasan mengapa asuransi jiwa unit link memiliki fungsi lain yaitu sebagai potensi investasi.

Baca juga: Cara Mencegah Penyakit Jantung Koroner dan Manfaat PRUCritical Hospital Cover

PAYDI juga punya risiko

Mengingat bahwa PAYDI juga menawarkan manfaat investasi, maka ada risiko yang perlu Anda ketahui. Artinya, ada kemungkinan bahwa potensi hasil investasi dalam PA Anda dapat mengalami kenaikan ataupun kerugian karena bersifat fluktuatif mengikuti pasar. Perlu dipahami bahwa hasil investasi bisa jadi tidak sesuai dengan ilustrasi asuransi jiwa di awal dan bukan untuk dijadikan tolok ukur hasil investasi di masa depan.  

Baca juga: Mengenal Premi Asuransi Kesehatan
 

Cara kerja PAYDI

Hal lain yang perlu diperhatikan sebelum memilih PAYDI adalah cara kerjanya. Sederhananya, premi awal yang dibayarkan oleh Pemegang Polis akan dibagi ke beberapa bagian. Tidak hanya untuk biaya investasi, tapi juga biaya asuransi, biaya administrasi, biaya akuisisi, dan biaya lainnya. Sebagian premi juga dialokasikan ke instrumen investasi yang nantinya dapat menghasilkan potensi hasil investasi.

Nah, mengingat premi dialokasikan ke beberapa pos biaya, sebaiknya Anda tidak mengharapkan keuntungan besar pada tahun-tahun awal. Tujuan PAYDI adalah untuk mewujudkan tujuan finansial jangka panjang dan bukan untuk mencari keuntungan semata.

Baca juga: Memilih Asuransi Kesehatan Karyawan

Jadi pastikan memilih PAYDI yang sesuai kebutuhan dan kemampuan, ya! Simak juga seluk beluk dan perbedaan dari asuransi tradisional dan asuransi unit link, sehingga Anda dapat memilih asuransi sesuai dengan kebutuhan Anda.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang asuransi jiwa unit link langsung saja berdiskusi dengan tenaga pemasar Prudential Indonesia atau kunjungi website resmi Prudential dan follow Instagram @id_prudential sekarang juga!

Diskusi kebutuhan Anda di sini!

Isi data berikut dan kami akan menghubungi Anda
error
lengkapi form berikut

Pemegang Polis

Pemegang Polis

Nama

Apakah ada topik yang ingin ditanyakan?

Saya /kami telah membaca, memahami dan memberikan persetujuan saya/kami kepada Prudential Indonesia untuk mengumpulkan, menggunakan dan mengungkapkan data pribadi saya/kami sesuai dengan Deklarasi Privasi *

Contact us