wanita merasakan manfaat mandi air hangat

10 Manfaat Mandi Air Hangat yang Baik Bagi Kesehatan Tubuh

Pasti rasanya menenangkan apabila Anda dapat mandi air hangat setelah melalui hari yang melelahkan. Menariknya, mandi air hangat bukanlah sekadar untuk membersihkan tubuh. Ada banyak manfaat mandi air hangat yang juga berdampak positif pada kondisi mental dan emosional Anda.

Sebelum mendalami manfaatnya, Anda perlu mengetahui waktu yang tepat untuk mandi air hangat. Dikutip dari Suara.com, dr. Berian Rachmanadi menyatakan bahwa Anda bisa mandi air hangat pada pagi maupun malam hari. Keduanya merupakan waktu yang tepat, tetapi memberikan manfaat yang berbeda bagi tubuh Anda.

Mari kita simak bersama manfaat mandi air hangat dalam bacaan berikut!

Manfaat Mandi Air Hangat Terhadap Fisik

Berikut adalah manfaat mandi air hangat yang berdampak positif pada kesehatan tubuh 

1. Menghilangkan Ketegangan Otot dan Mengurangi Nyeri

Mandi air hangat bisa menjadi solusi terbaik ketika tubuh merasa tegang setelah seharian beraktivitas. Air hangat merilekskan otot yang tegang serta memfasilitasi aliran darah ke area yang kaku. Berendam atau mandi di bawah pancuran air hangat dapat meredakan rasa nyeri pada tubuh, terutama pada bagian punggung, leher, dan bahu.

2. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Sirkulasi darah yang baik adalah kunci bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Mandi air hangat dapat melebarkan pembuluh darah serta meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh. Setiap organ vital mendapatkan pasokan oksigen dan nutrisi yang cukup sehingga tubuh menjadi lebih bertenaga dan berfungsi dengan optimal.

3. Meredakan Gejala Gangguan Pernapasan

Gejala gangguan pernapasan seperti hidung tersumbat, pilek, atau sinusitis bisa diredakan dengan mandi air hangat. Uap dari air hangat membersihkan dan melembapkan saluran pernapasan sehingga bisa memberikan kelegaan.

4. Membantu Membersihkan Kulit dari Kotoran dan Minyak Berlebih

Tak hanya bermanfaat untuk tubuh, mandi air hangat juga bermanfaat untuk kulit. Air hangat membuka pori-pori dan membersihkan kotoran serta minyak berlebih yang terjebak di kulit. Kemunculan jerawat pada tubuh bisa dicegah sehingga kulit tetap bersih dan segar.

5. Meredakan Nyeri Sendi dan Otot pada Kondisi seperti Artritis

Mandi air hangat bisa meredakan gejala artritis seperti nyeri sendi atau otot. Air hangat dapat meredakan peradangan dan nyeri pada sendi dan otot, sehingga tubuh lebih nyaman dan bergerak dengan lebih mudah.

6. Meningkatkan Suhu Tubuh dan Kontraktilitas Jantung

Dari artikel pada Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan, disebutkan bahwa dengan adanya paparan dari air panas, suhu pusat tubuh dapat meningkat dan juga adanya peningkatan kontraktilitas jantung dan denyut nadi. Efek dari mandi air hangat, dalam jangka panjang juga membantu memperbaiki fungsi vascular.

Baca jugaCara Mencegah Penyakit Stroke yang Harus Diikuti

Ciptakan Keamanan Finansial  melalui PAYDI

Pelajari di Sini

Manfaat Mandi Air Hangat Terhadap Mental dan Emosional

Bukan hanya tubuh, mandi air hangat juga membawa manfaat bagi kondisi mental dan emosional. Mari kita lihat penjelasannya di bawah ini.

1. Mengurangi Stres dan Kecemasan

Tidak jarang rutinitas yang dijalani menimbulkan stres dan kecemasan yang berdampak buruk pada kondisi mental. Mandi air hangat bisa menjadi solusi untuk menguranginya. Momen pribadi ini membawa ketenangan sehingga bisa melepaskan beban pikiran serta meredakan stres dan kecemasan. Uap air hangat juga bisa melembutkan otot-otot wajah, sehingga merasa lebih rileks secara keseluruhan.

2. Meningkatkan Relaksasi dan Tidur yang Lebih Baik

Cobalah mandi air hangat sebelum tidur apabila mengidap insomnia atau memiliki kualitas tidur yang buruk. Air hangat yang dapat mengurangi ketegangan tubuh tentu membuat pikiran lebih tenang dan nyaman sebelum tidur. Tidur pun berkualitas sehingga Anda bisa bangun dengan perasaan segar dan lebih bertenaga.

3. Mengurangi Gejala Depresi dan Meningkatkan Mood

Depresi adalah masalah serius yang bisa memengaruhi kualitas hidup. Mandi air hangat bisa menjadi cara untuk meredakan beberapa gejala depresi serta meningkatkan mood secara keseluruhan. Sensasi air hangat yang menyentuh tubuh dapat memperbaiki suasana hati serta memberikan perasaan nyaman dan tenang.

4. Memberikan Waktu Pribadi yang Santai dan Menenangkan

Aktivitas mandi air hangat bisa menjadi waktu pribadi yang dibutuhkan untuk merenung dan bersantai di tengah kesibukan rutinitas. Momen ini bisa dimanfaatkan untuk bermeditasi atau sekadar menghilangkan beban pikiran yang mengganggu. Anda pun merasa lebih segar dan siap menghadapi hari yang baru setelah mandi air hangat.

5. Memperbaiki Kualitas Hidup dan Kesejahteraan secara Keseluruhan

Seluruh manfaat mandi air hangat, baik secara fisik maupun mental dan emosional, membawa peningkatan kualitas hidup dan kesejahteraan pada diri Anda secara keseluruhan. Anda merasa lebih sehat dan bahagia setelah mandi air hangat.

Baca jugaPahami Pengertian Makanan Gluten Free dan Manfaatnya

Tips Mandi Air Hangat yang Efektif

Agar manfaat air hangat bisa dirasakan secara optimal, diperlukan juga langkah mandi air hangat yang efektif. Bagaimana caranya? Ikuti tips di bawah ini:

1. Tentukan Suhu Air yang Nyaman

Dikutip dari website Eating Well, suhu air hangat yang direkomendasikan untuk mandi air hangat adalah 98-105 derajat Fahrenheit (37-41 derajat Celcius). Suhu ini tergolong nyaman untuk kulit karena bisa membuat tubuh merasa rileks tanpa membuat kulit terbakar atau kehilangan kelembapannya.

2. Gunakan Minyak Aromaterapi atau Garam Mandi

Untuk meningkatkan pengalaman mandi air hangat, tambahkanlah beberapa tetes minyak aromaterapi atau taburkan sedikit garam mandi. Bahan ini dapat memberikan efek relaksasi yang lebih baik pada tubuh dan pikiran.

3. Tetap Terhidrasi dengan Minum Air Sebelum dan Setelah Mandi

Ketika mandi air hangat, suhu tubuh mengalami peningkatan. Tubuh mengeluarkan keringat agar suhu tubuh tetap terjaga, tetapi akhirnya bisa menyebabkan dehidrasi. Maka dari itu, tetaplah menjaga tubuh agar terhidrasi dengan baik. Minumlah segelas air sebelum dan setelah mandi air hangat untuk mencegah dehidrasi.

4. Batasi Durasi Mandi agar Tidak Terlalu Lama

Terlepas dari manfaat mandi air hangat yang dirasakan, Anda tetap perlu membatasi durasi mandi supaya tidak terlalu lama. Mengapa? Mandi terlalu lama dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan iritasi. Dr. Gary Goldberg dari New York, dikutip dari situs Express.co.uk, merekomendasikan bahwa durasi mandi air hangat yang baik hanya 5-10 menit.

5. Lakukan Pat Dry setelah Mandi untuk Menjaga Kelembapan

Setelah selesai mandi, hindari menggosok kulit secara kasar dengan handuk. Sebaliknya, tepuk-tepuk atau pat dry kulit dengan lembut untuk menjaga kelembapan alami kulit. Gunakan juga pelembap setelah mandi untuk menjaga kulit tetap lembap dan halus.

Baca jugaMengenal Fungsi Ginjal Manusia

Perhatian dan Peringatan

Sebelum menikmati mandi air hangat, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu:

1. Hindari Mandi Air Hangat jika Memiliki Kondisi Medis Tertentu

Ada beberapa kondisi medis yang mengharuskan perhatian ekstra sebelum mandi air hangat, seperti tekanan darah tinggi, masalah jantung, dan kondisi yang berkaitan dengan pembuluh darah. Hindari mandi air hangat jika mengalami kondisi tertentu dan berkonsultasilah ke dokter mengenai langkah membersihkan diri yang tepat.

2. Jaga Kebersihan Kamar Mandi dan Bak Mandi

Kamar mandi, bak mandi, maupun pancuran harus tetap dijaga kebersihannya dengan cara melakukan perawatan setiap saat. Mandi air hangat di area yang bersih tentu memberikan pengalaman yang lebih menyegarkan.

3. Pastikan Suhu Air Tidak Terlalu Panas

Terakhir, periksa suhu air agar tidak terlalu panas sebelum memasuki bak mandi atau menikmati guyuran air dari pancuran. Hindari suhu air yang terlalu panas karena bisa menyebabkan iritasi pada kulit. Sebaliknya, pasang air pada suhu yang direkomendasikan agar terasa nyaman di tubuh.

Baca jugaKenali Ciri-Ciri Diabetes di Usia Muda

Itulah manfaat mandi air hangat yang tidak hanya berdampak pada kesehatan fisik, tetapi juga mental dan emosional Anda. Untuk proteksi kesehatan Anda dan keluarga dalam menghadapi kondisi kesehatan yang tidak terduga, Anda dapat mempertimbangkan, memiliki Asuransi Kesehatan dari Prudential Indonesia. Hubungi kami untuk mengetahui produk Asuransi Kesehatan Prudential yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan keluarga!