Pria sedang menyiram tanaman herbal

5 Tanaman Herbal yang Dipercaya Bisa Meningkatkan Imun Tubuh

Indonesia dikenal sebagai negara yang kaya akan kekayaan Sumber Daya Alam (SDA), salah satunya adalah rempah dan tanaman herbal. Bahan-bahan tersebut banyak dimanfaatkan oleh masyarakat untuk meningkatkan imun tubuh atau pengobatan suatu penyakit. Tanaman herbal dipercaya memiliki khasiat yang lebih aman untuk tubuh jika dibandingkan dengan vitamin yang dibuat oleh produsen.

Meningkatkan Imun Tubuh Dengan Tanaman Herbal

Penting diketahui bahwasannya sampai sekarang berbagai macam penyakit mulai banyak penyebarannya. Hal ini lantas akan membuat anda terjangkit penyakit tersebut dan jatuh sakit. Maka dari itu, penting bagi kita semua untuk senantiasa meningkatkan imun serta kekebalan tubuh dengan berbagai cara, salah satunya melalui tanaman herbal.

Dengan meningkatkan imun tubuh, Anda memiliki risiko yang lebih kecil untuk terkena penyakit dikarenakan memiliki sistem imun yang baik. Di Indonesia sendiri, selain mengonsumsi vitamin dan makanan bergizi, banyak masyarakat di luar sana yang menggunakan tanaman herbal sebagai peningkat sistem imunitas tubuh.

Baca juga: Apa Gejala dan Penyebab Asam Lambung Naik?

5 Tanaman Herbal yang Dipercaya Dapat Meningkatkan Imun Tubuh

Sejauh ini, ada beberapa tanaman herbal yang dipercaya mampu meningkatkan imun tubuh guna melawan infeksi, antara lain:

1. Jahe Merah

Tanaman yang satu ini terkenal sebagai campuran untuk masakan rempah atau minuman. Terlebih saat mengonsumsi minuman yang mengandung jahe merah, tubuh langsung terasa hangat dan lebih kuat.

Memiliki permukaan kulit yang berwarna merah dan rasa yang lebih pedas dari jahe biasa, jahe merah dipercaya lebih manjur dibandingkan jahe lainnya.

Jahe merah memang banyak digunakan sebagai obat untuk melegakan tenggorokan dan sistem pernapasan. Ini dikarenakan jahe merah memiliki kandungan flavonoid yang berfungsi sebagai antiinflamasi. Selain itu, beberapa kandungan pada jahe merah juga dipercaya dapat meningkatkan imun tubuh bila dikonsumsi secara rutin.

2. Kencur

Hampir sama dengan jahe, kencur mampu meningkatkan kualitas sistem pernapasan agar dapat berfungsi dengan baik. Selain itu, kandungan antioksidannya yang tinggi juga bermanfaat untuk menangkal efek buruk radikal bebas dan virus dari tubuh. Oleh sebab itu, kencur cocok digunakan untuk meningkatkan sistem imunitas.

3. Cengkeh

Memiliki wangi yang harum, cengkeh banyak digunakan untuk bahan masakan, kue, maupun minuman agar rasanya lebih nikmat. Bagian kuncup bunga pada tanaman herbal satu ini dinilai dapat meningkatkan jumlah sel darah dan menetralisir racun berbahaya pada tubuh.

Tidak hanya itu, cengkeh baik untuk sistem pencernaan karena mampu mengatasi kembung atau gas di dalam perut dan membantu mengurangi mual.

4. Temulawak

Tanaman yang memiliki nama latin Curcuma Xanthorrhiza ini sering digunakan masyarakat Indonesia sebagai bahan untuk membuat jamu. Ternyata temulawak memiliki kandungan kurkumin sebagai anti peradangan, lho! Kandungan tersebut membantu tubuh memiliki pertahanan yang baik untuk melawan penyakit.

Selain sebagai anti peradangan, temulawak juga memiliki fungsi sebagai antibakteri dan antivirus yang membuatnya semakin ampuh untuk meningkatkan sistem imun tubuh di tengah pandemi.

5. Jinten Hitam

Pernah mendengar jinten hitam? Sering disebut sebagai Habbatussauda, tanaman ini sering digunakan sebagai ramuan untuk mengobati berbagai penyakit. Kandungannya yang memiliki antiinflamasi dan antioksidan sangat ampuh untuk menyembuhkan peradangan serta menangkal radikal bebas. Oleh sebab itu, jinten hitam cocok digunakan untuk memperkuat imun tubuh.

Baca Juga: Cara Meningkatkan Stamina Tubuh

Meskipun 5 tanaman herbal di atas bersifat non-kimia, tetap konsumsi pada jumlah yang wajar, ya! Selain itu, jangan lupa untuk tetap menerapkan pola hidup sehat untuk senantiasa meningkatkan kekebalan imun tubuh.

Selain itu, kunjungi situs resmi dan unduh aplikasi PULSE untuk mempermudah Anda memantau kondisi tubuh. PULSE adalah aplikasi khusus berteknologi AI dari Prudential untuk membantu Anda tetap sehat dan bugar.

Pada aplikasi ini, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter dari rumah lewat fitur Bicara Dengan Dokter. Aplikasi PULSE juga memiliki fitur Perencana Makanan Saya​ yang akan memberikan ragam inspirasi makanan sehat setiap hari. Ayo, jaga selalu kesehatan Anda bersama PULSE dari Prudential Indonesia. Anda juga bisa mencari informasi seputar produk asuransi lainnya di situs resmi Prudential Indonesia!