Wanita berbaju putih menaiki sepeda

Jaga Kondisi dengan Ikuti 6 Tips Bersepeda agar Tidak Cepat Lelah

Rasa lelah setelah bersepeda dalam jarak jauh adalah hal yang lumrah. Apalagi bila medan yang ditempuh oleh pesepeda cukup sulit, misalnya seperti jalanan menanjak atau setapak. Rasa lelah ini biasanya bisa diatasi dengan istirahat yang cukup setelah bersepeda. Ada pula yang melakukan pijat atau fisioterapi untuk merelaksasi otot-otot yang tegang.

Namun, bila Anda selalu merasa kelelahan tiap selesai bersepeda, mungkin saja ada yang salah dalam persiapan yang Anda lakukan. Merasa terlalu lelah saat bersepeda adalah tanda bahwa persiapan Anda sebelum bersepeda kurang matang. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk melakukan enam tips bersepeda agar tidak cepat lelah berikut ini. Yuk, simak bersama!

6 Tips Bersepeda Agar Tidak Cepat Lelah

Tubuh yang berstamina adalah bekal awal dalam melakukan setiap jenis olahraga, termasuk bersepeda. Badan yang fit, bugar, dan dalam kondisi prima adalah kunci agar tidak cepat lelah saat bersepeda, apalagi bila Anda sedang mempersiapkan diri untuk bersepeda dalam jarak yang cukup jauh atau akan mengikuti kompetisi bersepeda. Agar kondisi badan Anda mencapai performa yang terbaik, lakukanlah enam tips bersepeda agar tidak cepat lelah berikut ini!

1.   Pastikan tubuh menerima asupan yang cukup dan bergizi

Ketika berolahraga, tubuh akan membutuhkan energi. Energi berasal dari asupan makanan, terutama karbohidrat. Tips bersepeda agar tidak cepat lelah yang pertama tentu adalah makan makanan yang cukup dan bergizi tinggi.

Para atlet yang biasa berkompetisi biasanya melakukan carbo-loading sebelum kompetisi dimulai. Carbo-loading adalah mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat tinggi dengan tujuan agar punya cukup energi. Karbohidrat yang dibakar saat berolahraga bisa mencegah Anda cepat kelelahan saat bersepeda. Di samping mengonsumsi asupan karbohidrat, sebaiknya hindari juga konsumsi makanan yang berlemak. Sebaiknya lakukan carbo-loading 1-5 hari sebelum bersepeda.

2.   Rutin latihan bersepeda jarak jauh

Sesuai dengan pepatah ‘bisa karena terbiasa’, rutin latihan bersepeda jarak jauh bisa membuat Anda terbiasa dengan medan yang ditempuh tersebut. Saat pertama kali melakukannya, Anda tentu akan merasa lelah setelah bersepeda sejauh itu.

Namun, ketika Anda rutin melakukannya setiap hari, Anda akan terbiasa sehingga tidak terasa lelah lagi. Hal ini juga sekaligus meningkatkan endurance atau tingkat ketahanan tubuh Anda. Inilah tips bersepeda agar tidak cepat lelah yang sering dilakukan oleh para atlet.

3.   Istirahat yang cukup

Tips bersepeda agar tidak cepat lelah berikutnya adalah dengan istirahat yang cukup. Ketika berolahraga, seluruh otot tubuh akan ikut aktif bekerja. Untuk mengistirahatkannya, Anda harus tidur dalam waktu 7-9 jam per hari.

Kondisi fisik dan mental memang sangat penting untuk mencegah terlalu kelelahan saat bersepeda. Oleh sebab itu, jika Anda kurang tidur, maka Anda akan cepat lelah ketika bersepeda atau berolahraga apa pun karena tidak punya cukup stamina.

4.   Periksa kondisi sepeda

Berikutnya, kondisi sepeda juga patut Anda perhatikan. Pastikan bannya telah penuh angin, remnya berfungsi, dan rantainya terlumasi dengan benar. Terkadang, Anda merasa cepat lelah saat bersepeda bukan karena kondisi tubuh Anda, melainkan karena kondisi sepeda yang tidak memadai.

Misalnya jika ban sepeda kurang angin, atau rantai sepeda kurang pelumas, maka laju roda akan melambat, sehingga Anda pun harus mengeluarkan energi ekstra untuk mengayuhnya.

5.   Bersepeda dengan baik dan benar

Tips bersepeda agar tidak cepat lelah berikutnya adalah dengan menerapkan teknik bersepeda. Saat bersepeda, pastikan postur tubuh Anda telah sesuai. Sebaiknya, sempatkan juga untuk stretching di tengah-tengah bersepeda. Saat kaki digunakan untuk mengayuh dalam waktu yang lama, ada saat di mana kaki membutuhkan sedikit peregangan agar peredaran darah makin lancar.

Namun, bagaimana caranya melakukan stretching saat sedang dalam kompetisi? Anda memang tidak akan mungkin berhenti sejenak saat berlomba, namun Anda bisa melakukan stretching dengan cara berdiri saat pedaling untuk beberapa detik. Hal ini akan membantu Anda untuk mengurangi rasa lelah akibat peredaran darah kurang lancar.

6.   Ambil jeda untuk beristirahat

Ketika merasa lelah, sebaiknya Anda tidak memaksakan diri. Ambil waktu beberapa saat untuk beristirahat. Saat bersepeda, Anda juga harus tetap terhidrasi dengan baik. Maka dari itu, sempatkan untuk beristirahat dan minum beberapa teguk air. Anda juga perlu melemaskan otot-otot yang tegang selama bersepeda.

 Baca juga: Cara Mengantisipasi Cidera Ketika Bersepeda

Itulah beberapa tips bersepeda agar tidak cepat lelah yang bisa Anda terapkan mulai dari sekarang. Jika Anda ingin mendapatkan pengalaman bersepeda yang lebih menantang, mari ikuti PRURide Indonesia 2022! PRURide Indonesia 2022 adalah event bersepeda tahunan yang diadakan oleh Prudential Indonesia, yang mana pada tahun ini diselenggarakan secara hybrid mulai 29 Oktober hingga 6 November 2022.

Tema PRURide tahun ini adalah “Made for Every Family” yang mengajak seluruh keluarga di Indonesia untuk merayakan kebersamaan dan hidup sehat. Kategori kompetisi pada PRURide terdiri dari PRURide Race, PRURide Fun Ride, dan PRURide Virtual Ride. Kategori PRURide Race dan Virtual Ride memiliki 2 jarak, yakni Gran Fondo (135 km) dan Medio Fondo (70 km). Menariknya, setiap peserta yang mengikuti PRURide akan mendapatkan asuransi khusus PRUWorks Personal Accident PRURide 2022. Tertarik untuk bergabung? Klik di sini untuk informasi selengkapnya dan daftarkan diri Anda segera!