keluarga saling membantu mengangkat barang

Wujudkan Keluarga Sehat dan Bahagia dengan 5 Tips Berikut

Memiliki keluarga yang bahagia pada dasarnya merupakan keinginan setiap individu di dunia. Arti dari bahagia dalam keluarga adalah menikmati setiap momen, baik suka maupun duka, secara bersama-sama. Saling toleransi, saling melindungi, saling bantu, saling menyayangi, dan selalu ingin membahagiakan ialah tujuan utama dari keluarga bahagia. Namun, bagaimana caranya mewujudkan keluarga sehat dan bahagia?

Kunci mewujudkan keluarga sehat dan bahagia

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mewujudkan keluarga sehat dan bahagia. Tiap keluarga memang berbeda-beda, namun ada konsep keluarga sehat dan bahagia yang umum diterapkan. Anda tinggal menyesuaikannya dengan situasi dan kondisi di rumah. Apa saja?

1. Komunikasi

Kunci utama untuk mewujudkan keluarga sehat dan bahagia adalah dengan membangun komunikasi yang baik. Cobalah membangun kebiasaan mengobrol dengan anggota keluarga. Tidak perlu terlalu lama, namun konsisten dilakukan. Anda bisa memilih waktu setelah makan malam karena di saat itulah seluruh keluarga berkumpul.

Ajak seluruh anggota keluarga menceritakan kegiatan mereka sepanjang hari dan dengarkan dengan baik. Meski sederhana, kegiatan ini akan membantu Anda untuk bisa selalu mengikuti kesibukan anggota keluarga lainnya, terutama anak-anak. Kebiasaan ini juga mendukung anak-anak untuk lebih terbuka dengan orang tuanya.

2. Rutinitas bersama

Agar hubungan keluarga makin dekat, coba lakukan rutinitas bersama. Ada banyak sekali kegiatan yang bisa dilakukan bersama seluruh anggota keluarga. Salah satu contohnya adalah olahraga ringan seperti bersepeda atau jogging. Dengan olahraga, fisik pun menjadi bugar. Fisik yang bugar pun merupakan karakteristik keluarga sehat dan bahagia.

Anda bisa juga memilih aktivitas yang lebih santai seperti makan malam bersama di restoran favorit atau menonton film. Meski simpel, aktivitas tersebut bisa memberikan kenangan manis untuk seluruh anggota keluarga, terutama anak-anak.

3. Seimbangkan kehidupan pekerjaan dengan keluarga

Inilah poin yang sering dilupakan oleh para orang tua atau anggota keluarga yang sudah bekerja. Sering kali, mereka kesulitan menyeimbangkan waktu yang dihabiskan untuk keluarga dan pekerjaan. Banyak yang terlalu sibuk dengan pekerjaan hingga melupakan keluarga di rumah.

Agar terwujud keluarga sehat dan bahagia, seimbangkan kehidupan kerja dengan keluarga Anda. Jika memang libur kerja atau sedang menghabiskan waktu dengan keluarga, lupakan pekerjaan Anda untuk sejenak. Matikan smartphone yang bisa mengalihkan perhatian Anda. Fokus pada pekerjaan ketika sedang menghabiskan waktu bersama keluarga hanya akan membuat mereka merasa tidak diprioritaskan.

4. Buat keputusan bersama

Selain melakukan rutinitas bersama, kebiasaan lain yang harus ditumbuhkan adalah membuat keputusan bersama, terutama keputusan yang melibatkan seluruh anggota keluarga. Bahkan anak pun sebaiknya dibiasakan untuk terlibat dalam pengambilan keputusan di keluarga.

Ini akan membuat seluruh anggota keluarga terlibat dan mereka pun merasa keberadaannya dibutuhkan. Bagi anak-anak, kebiasaan ini juga akan melatih mereka untuk berpikir kritis. Mereka pun lebih percaya diri karena pendapatnya didengar dan dijadikan pertimbangan. Bukan hanya itu, keputusan yang diambil bersama juga cenderung lebih mudah ditaati oleh seluruh anggota keluarga.

5. Menjaga hubungan baik dengan pasangan

Tips mewujudkan keluarga sehat dan bahagia yang terakhir adalah dengan menjaga hubungan baik dengan pasangan. Karakter dan sikap anak akan sangat dipengaruhi oleh kedua orang tuanya. Terlebih, anak-anak juga lebih mudah mencontoh apa yang ada di sekitarnya.

Misalnya, Anda ingin mengajarkan sikap menyayangi antar saudara. Alih-alih selalu menyuruh anak untuk rukun dengan saudaranya lewat perkataan, Anda bisa mencontohkan lewat interaksi dengan pasangan. Jika anak-anak melihat orang tuanya penuh kasih sayang dan kesehariannya penuh cinta, mereka pasti akan lebih mudah untuk saling menyayangi.

 

Tidak ada yang namanya keluarga sempurna, tapi Anda bisa selalu berusaha untuk mewujudkan keluarga sehat dan bahagia. Terapkan lima tips di atas untuk mewujudkan keluarga yang bukan hanya sehat secara fisik, tapi juga mental karena mereka diliputi kebahagiaan.

Untuk bantu Anda mewujudkan keluarga sehat dan bahagia, Prudential Indonesia menghadirkan PULSE, sebuah aplikasi pintar yang telah didukung teknologi AI untuk membantu Anda dan keluarga agar tetap sehat. Tersedia fitur Alat Ukur BMI, Pemeriksaan Kesehatan, hingga Bicara dengan Dokter, semuanya hanya dalam satu aplikasi. Yuk, download aplikasi PULSE sekarang!