seorang wanita sedang diperiksa suhunya

6 Tips Aman ke Rumah Sakit Selama Pandemi

Dilansir dari data Satgas COVID-19, peningkatan jumlah pasien COVID-19 pada 16 Januari 2021 kembali “pecah rekor” hingga 14.224 orang. Melihat hal itu, kekhawatiran untuk pergi ke rumah sakit adalah hal yang wajar. Namun ada kalanya, kamu harus tetap ke rumah sakit karena ada kebutuhan yang mendesak. Maka dari itu, informasi mengenai tips aman ke rumah sakit pasti membantu di tengah situasi sulit seperti ini.

 

Menghindari Perburukan Kondisi

Ketika kamu atau keluarga menghadapi masalah kesehatan, kamu tetap harus ke rumah sakit. Dikarenakan langkah tersebut dapat mengurangi risiko perburukan kondisi di kemudian hari, karena gak semua penyakit bisa dikonsultasikan secara online. Apalagi pemeriksaan fisik oleh dokter dan tenaga medis lainnya hanya bisa dilakukan secara langsung.

 

Tips Aman ke Rumah Sakit

Agar perjalanan ke rumah sakit tetap aman dan nyaman, kamu bisa mengikuti 6 tips aman ke rumah sakit berikut ini:

1. Pastikan Rumah Sakit Memiliki Protokol yang Ketat

Sebelum datang, pastikan kamu telah mencari informasi mengenai protokol kesehatan rumah sakit yang dituju, baik dari akun media sosial atau telepon ke call center-nya.

Kamu bisa bertanya apakah mereka memisahkan pasien yang memiliki gejala COVID-19 (demam, batuk, sesak nafas) dengan pasien yang tidak memiliki gejala COVID-19. Selain itu, pastikan juga apakah mereka menerapkan pendataan diri dan pengukuran suhu tubuh sebelum memasuki rumah sakit.

 

2. Membuat Appointment

Untuk menghindari kerumunan dan mengurangi durasi saat di rumah sakit, kamu bisa membuat janji terlebih dahulu melalui telepon atau website resmi.

Lalu, tanyakan juga apakah dokter tersebut membatasi jumlah pasien di hari itu. Dengan begitu, kamu bisa menyesuaikan waktu tiba dan menunggu di dalam kendaraan terlebih dahulu sampai mendekati waktu konsultasi.

 

3. Membawa Hygiene Kit

Selain kenakan masker dan face shield, jangan lupa untuk membawa hygiene kit seperti hand sanitizer, tisu basah, tisu kering, sabun dalam botol kecil, dan kantong plastik, ya! Hal ini membantu kamu untuk tetap bersih dan mengatasi kejadian-kejadian tak terduga seperti muntah ketika dalam perjalanan maupun saat tiba di rumah sakit.

 

4. Tidak Menyentuh Barang yang Tidak Penting

Penyebaran virus corona dapat melalui droplet yang menempel di barang sekitar. Makanya, ketika sampai di rumah sakit, tetap jaga kebersihan tangan dengan tidak menyentuh barang sembarangan, ya! Kalau gak sengaja, langsung semprot tangan dengan hand sanitizer dan mencuci tangan menggunakan sabun.

Selain itu, kamu bisa mengurangi kontak fisik dengan cara membawa pulpen sendiri, karena pasti ada prosedur di rumah sakit yang membutuhkan tulisan tangan, seperti tanda tangan penerimaan obat, pembayaran, dan hal administratif lainnya.

 

5. Membawa Makanan dan Minuman Sendiri

Tidak jarang antrean di rumah sakit membutuhkan waktu yang lama. Jika kamu merasa lapar dan enggan untuk membeli makanan di luar, kamu bisa membawa makanan dan minuman sendiri dari rumah, seperti roti, biskuit, kue, air mineral, atau makanan/minuman favorit lainnya

Hal ini akan mengurangi risiko kamu untuk melakukan kontak fisik dengan orang lain dan tentunya akan lebih ramah di kantong.

 

6. Segera Bersihkan Barang Bawaan dan Mandi

Setelah menyelesaikan urusan di rumah sakit, ketika sampai rumah kamu harus membersihkan barang-barang bawaan dengan disinfektan dan cuci alas kaki yang kamu gunakan. Lalu, jangan lupa untuk segera mandi setiba kamu di rumah, ya!

Dengan menerapkan 6 tips aman ke rumah sakit di atas, kamu bisa meminimalisir penyebaran virus corona dan menyelamatkan nyawa orang lain juga.

Yuk download aplikasi Pulse dan dapatkan tips kesehatan untuk diri sendiri dan orang tersayang!